Ads google

Senin, 12 Oktober 2015

Awas !!!! Bulan Suro Hindari Untuk Ijabing Pengantin


Satu hari lagi kita akan memasuki bulan Suro atau Muharram.Bagi orang Jawa bulan Suro merupakan bulan bulan yang dirasa kurang baik  untuk menikahkan putra dan  putrinya. Hal itu sesuai dengan yang tertulis Di Kitab Primbon Betaljemur Adammakna halaman 21 bab ala beciking sasi kanggo ijabing penganten.
Dalam buku setebal 252 itu tercantum bulan Suro merupakan bulan yang tidak baik untuk ijabing penganten. Oleh karena itu pangripta buku itu menganjurkan untuk menghindari bulan itu. Dalam bab itu di tulis jika melaksanakan ijabing penganten akan berakibat sering bertengkar dan akan terjadi kerusakan rumah tangga. Wallahuaklam.
Nah merunut sumber itulah maka orang jawa banyak yang menghindari bulan Suro untuk ijabing penganten. Adapun cara menyiasatinya meskipun pestanya di bulan Suro namun ijab pengantin dijatuhkan bulan baik lainnya seperti bulan besar , jumadilakhir, rejeb dan ruwah,
Kalau mengacu pada sumber diatas memang orang jawa masih memegang tradisi tersebut diatas . Pada kenyataannya bulan Suro orang jarang mengijabkan putra-putrinya untuk menikah. Namun demikian masih ada juga satu dua orang yang menjalankan ijab Kabul di bulan Suro. Semua itu tergantung dengan keyakinan masing-masing.
Husen Ajmain Petugas Pencatat Nikah dari desa Kedungmutih juga menangkap fenomena ini. Jika bulan Suro jarang orang menikahkan atau punya nduwe gawe mantu. Namun jika bulan besar permintaan untuk menikahkan pengantin setiap harinya lebih satu tempat. Pernah sehari mencapai lima tempat di satu desa.
Meskipun begitu satu dua masih ada juga orang yang tetap melaksanakan acara nikah di bulan Suro. Mereka melihat berbagai pertimbangan diantaranya primbon bukan menjadi patokan . Selain itu juga mempertimbangkan waktu yang luang . Bahkan ada juga yang memanfaatkan peluang sepinya orang punya gawe.
Untuk itu kami pengelola blog Baboning kitab primbon akan memberikan perhitungan hari baik di bulan Suro yang kami sarikan dari buku primbon betaljemur adammakna. Adapun hari tanggal dan neptu yang bisa digunakan sebagai rujukan orang punya gawe di bulan Suro adalah sebagai berikut.
Jangan ambil hari, tanggal, neptu dibawah ini . Hindari hari Sabtu, Ahad,Senin,Selasa. Hindari tanggal 6,11,13,18 serta hindari juga hari dan pasaran Rebo Pahing.
Selain hari,tanggal dan neptu tersebut diatas bisa digunakan .

Fatkhul Muin

Konsultasi : 081215416776

1 komentar:

  1. I'm pretty pleased to find this great site. I wanted to thank you for your time due to this wonderful read!! I definitely liked every little bit of it and I have you bookmarked to look at new stuff on your blog. facebook login

    BalasHapus