Ads google

Minggu, 04 Mei 2014

CARA MENCARI HARI BAIK UNTUK KEPERLUAN MANTU , KHITAN DAN LAIN-LAIN BERDASARKAN KITAB PRIMBON BETALJEMUR ADDAMAKNA




KITAB PRIMBON BETAL JEMUR ADAMMAKNA  bagi orang Jawa saat ini masih dijadikan dasar  penghitungan berbagai macan keperluan. Utamanya dalam hal pernikahan primbon ini masih dijadikan acuan dalam menentukan berbagai hal .

Diantara yang sering ditanyakan adalah hari dan weton si calon pengantin.  Hari dan weton ini adalah berkaitan dengan watak, dan juga peruntungan . Sehingga sering kali perjodohan gagal dikarenakan tidak ada kecocokan dan hari dan weton.

Memang dalam buku kitab KITAB PRIMBON BETAL JEMUR ADAMMAKNA  ini ada bab khusus yang menerangkan tentang hari dan weton . Dalam bab itu juga diterangkan prediksi si calon pengantin jika dijodohkan ke depan. Hitungan itulah yang masih dijadikan patokan dalam hal perjodohan di kalangan orang jawa .

Salah satu yang terpenting lagi adalah menentukan hari ijab Kabul . Orang jawa juga tidak sembarang menentukan kapan akan dilaksanakan. Mereka juga akan mencari referensi dalam menentukan hari baik itu.

Kebanyakan mereka yang tidak mempunyai pedoman sering meminta tolong pada orang pintar atau orang yang dituakan.  Dengan mencari hari baik tersebut mereka berharap kelak perjodohan mereka akan langgeng ,beroleh anak dan rejeki yang banyak.

Memang hari untuk gawe semua nya baik , namun dari 365 hari dalam satu tahun tentunya ada yang lebih baik. Kadang-kadang ini menjadi salah kaprah  katanya semua hari baik . Namun pada kenyataannya ada bulan-bulan yang jarang punya gawe. Tetapi ada juga bulan-bulan yang penuh dengan orang punya gawe.

Intinya kita masih mempergunakan perhitungan leluhur kita yang tertera dalam buku primbon. Ada banyak buku primbon yang beredar saat ini . Namun salah satu primbon yang menjadi dasar perhitungan orang jawa adalah “ SERIAL KITAB PRIMBON ADDAMMAKNA”.

Kitab primbon yang saat ini berjumlah 7 jilid berisikan bermacam-macam ilmu pengetahuan yang berkaitan dengan kehidupan manusia dari lahir sampai dengan meninggal dunia. Salah satunya adalah menghitung hari baik untuk orang punya hajat ,gawe atau berbagai macam keperluan. Sering orang harus ke sana kemari untuk mencari referensi.

Dalam satu serial Primbon Adammakna ini ada primbon yang berjudul “ Kitab Primbon Betaljemur Adammakna. Nah di dalam kitab inilah kita bisa menghitung hari baik tersebut.  Hari baik itu ditentukan berdasarkan tanggal , bulan , serta tahunnya.

Dalam menentukan hari baik dalam satu tahun itu harus dihindari hal seperti , dina ala, dina tali wangke , dina sampar wangke,. Untuk menentukan bulan kita harus menghindari laranganing sasi , sangaring sasi, patining sasi. Tahun juga begitu kita harus menghindari kunarpaning warsa , sangaring warsa.

Di dalam BUKU KITAB PRIMBON BETAL JEMUR ADDAMKANA ini telah dibedah bab mengenai hari baik untuk punya gawe dan lain sebagainya . Tepatnya mulai halaman 8 sampai dengan 21.  Dalam halaman-halaman itu kita bisa menentukan tanggal serta bulan yang baik .

Namun demikian tidak semua orang bisa memahami perhitungan primbon secara cepat. Oleh karena itu kami pengelola BLOG PUSAT INFORMASI MASYARAKAT PESISIR / www.for-mass.blogspot.com

Yang salah satu programnya adalah melestarikan warisan leluhur kita berupa kita “ Kitab Primbon “ dan juga Kamus Jawa. Memberikan pengetahuan tentang bagaimana menghitung hari baik berdasarkan KITAB PRIMBON BETAL JEMUR ADAMMAKNA .

Setelah kami pelajari secara seksama maka perhitungan hari baik itu diawali dalam menentukan bulan terlebih dahulu . Bulan ini hitungannya bukan bulan Masehi  ( januari – Desember ) namun bulan Hijriyah ( Muharam atau Suro – Ddulhijjah atau Besar ). Adapun perhitungan bulan-bulan untuk keprluan ijabing pengantin adalah sebagai berikut:

NO
BULAN
URAIAN
REKOMENDASI
1
Suro
Tukar padu , nemu kerusakan
X
2
Sapar
Kekurangan , banyak hutang
V
3
Mulud
Mati salah satu
X
4
Bakda mulud
Sering digunjingkan orang
V
5
Jumadil Awal
Sering tertipu, kehilangan , banyak musuh
V
6
Jumadil Akhir
Kaya akan harta benda
V
7
Rejeb
Selamat serta banyak anak
V
8
Ruwah
Selamat dan selalu damai
V
9
Poso
Akan mendapat kecelakaan
X
10
Syawal
Kekurangan dan banyak hutang
V
11
Apit
Sering sakit,bertengkar dengan tetangga
X
12
Besar
Kaya dan akan mendapat kebahagiaan
V

Keterangan :
1.   V  = Baik untuk dilaksanakan
2.   V = kurang baik untuk dilaksanakan
3.   X = tidak baik untuk dilaksanakan

Nah setelah kita ketemu bulannya kita akan menghitung tanggal berapa yang akan direkomendasikan untuk orang yang akan melaksanakan acara ijab Kabul. Dalam perhitungan ini kita harus menghindari hari dan tanggal yang termasuk dalam pantangan .

Dari hasil penghitungan yang dilakukan mengacu pada KITAB PRIMBON BETAL JEMUR ADAMMAKNA tersebut diatas maka diperoleh  pasaran , hari dan tanggal pantangan . Maksudnya pada hari pasaran , hari serta tanggal di bawah ini TIDAK DIREKOMENDASIKAN untuk pelaksanaan akad nikah atau ijab Kabul . Adapun kesimpulannya adalah sebagai berikut :

HARI , TANGGAL  YANG TIDAK DIREKOMNDASIKAN
UNTUK IJAB KABUL /AKAD NIKAH

NO
BULAN
TIDAK DIREKOMENDASIKAN
1
Suro
Hari       :SENIN, SELASA, SABTU,AHAD
Tanggal : 6, 13,11,18
Rabu Pahing
2
Sapar
Hari       :SENIN, SELASA, SABTU,AHAD
Tanggal : 1,10,20
KAMIS PON
3
Mulud
Hari       :SENIN, SELASA,RABU, KAMIS
Tanggal : 1,3,8,10,15,20
JUM’AT WAGE
4
Bakda mulud
Hari       :SENIN, SELASA, RABU, KAMIS
Tanggal : 10 ,16,20,28
SABTU KLIWON
5
Jumadil Awal
Hari       :SENIN, SELASA, RABU, KAMIS
Tanggal : 1,5,10,11,28
SENIN KLIWON
6
Jumadil Akhir
Hari       : RABU, KAMIS , JUM’AT
Tanggal : 10, 14,18
SELASA LEGI
7
Rejeb
Hari       : RABU, KAMIS , JUM’AT
Tanggal : 2 , 13 , 14, 18, 27
RABU PAHING
8
Ruwah
Hari       :  RABU, KAMIS , JUM’AT
Tanggal : 4, 12, 13, 26, 28
KAMIS PON
9
Poso
Hari       : JUM’AT , SABTU, AHAD
Tanggal :  7, 9, 12, 20, 21, 24
JUM’AT WAGE
10
Syawal
Hari       : JUM’AT, SABTU,AHAD
Tanggal : 2, 10, 20
SABTU KLIWON
11
Apit
Hari       :  JUM’AT , SABTU,AHAD
Tanggal : 2,9,13, 22, 24, 28
SENIN KLIWON
12
Besar
Hari       : SABTU , AHAD, SENIN, SELASA
Tanggal : 6, 10, 12, 20,25
SELASA LEGI

LALU BAGAIMANA CARA MENERAPKANNYA DI KALENDER ??????
Kita ambil contoh salah satu bulan di tahun 2014 misal JUNI  BERTEPATAN DENGAN BULAN RUWAH 1435  setelah dihitung ketemu  gambar seperti di bawah ini :

BULAN  JUNI 2014 / RUWAH 1435 


SENIN
4
PAHING
11
WAGE
18
LEGI
25
PON
SELASA
5
PON
12
KLIWON
19
PAHING
26
WAGE
RABU
6
WAGE
13
LEGI
20
PON
27
KLIWON
KAMIS
7
KLIWON
14
PAHING
21
WAGE
28
LEGI
JUM'AT
8
LEGI
15
PON
22
KLIWON
29
PAHING
SABTU
9
PAHING
16
WAGE
23
LEGI
30
PON


Keterangan :
1.    Yang berwarna Merah tidak direkomendasikan untuk ijab Kabul
2.    Yang berwarna hijau di rekomendasikan untuk ijab Kabul atau akad nikah
Ini mengacu pada  data dibawah ini :
8
Ruwah
Hari       :  RABU, KAMIS , JUM’AT
Tanggal : 4, 12, 13, 26, 28
KAMIS PON

Untuk bulan-bulan berikutnya dari SYAWAL  – REJEB Penghitungannya juga sama mengacu pada data HARI , TANGGAL  YANG TIDAK DIREKOMNDASIKAN
UNTUK IJAB KABUL /AKAD NIKAH diatas .

Dari hasil penghitungan di bab hari baik untuk boyongan atau  pindah rumah dan juga membuat atau memindah rumah admin telah menghasilkan hari yang direkomendasikan seperti di bawah ini :

                 Hari baik untuk pindahan atau boyongan:

                        1.   Jum’at legi , Jum’at Pahing
  2.   Sabtu Kliwon , Sabtu Legi
  3.   Selasa Pon , Selasa Wage
 4.    Rabu pon , Rabu Pon
 5.    Kamis Legi , Kamis Pahing

              Hari baik untuk memindah atau mendirikan rumah :

1.   Ahad Kliwon, Ahad Pon, Ahad Wage
2.   Senin Legi , Senin Pahing
3.   Selasa Pon
4.   Rabo Kliwon , Rabo Poan , Rabo Wage
5.   Kamis Kliwon, Kamis Legi, Kamis Pahing
6.   Jum’at Pon
7.   Sabtu Legi , Sabtu Pahing

Selain itu saya juga akan memberi bonus lagi yaitu perhitungan  begja cilaka       ( Peruntungan) berdasarkan neptu dan hari kelahirannya  seseorang seperti di bawah ini . Hasil ini berdasarkan kesimpulan yang diambil dari kitab KITAB PRIMBON BETAL JEMUR ADAMMAKNA :

DINA  KELAIRAN
SERTA KABEGJAN LAN KACILAKANE


NO
Dina+Neptu
Begja lan cilaka
1
7
Sandhang, Akeh Rijekine Jembar Budine
2
8
Rejeki, Akeh Rijekine , Sugih, Dadi Pangaubaning Wong Akeh
3
9
Lara , Kangelan Pangupa Sandhang Pangan ,Dadi Wong Kuat
4
10
Pati , Ala Karusakan Gedhe, Bisa Dadi Mulya
5
11
Lair ,Kuwat Sabarang Gawe
6
12
Sandhang, Akeh Rijekine Jembar Budine
7
13
Rejeki, Akeh Rijekine , Sugih, Dadi Pangaubaning Wong Akeh
8
14
Lara , Kangelan Pangupa Sandhang Pangan ,Dadi Wong Kuat
9
15
Pati , Ala Karusakan Gedhe
10
16
Lair , Kuwat Sabarang Gawe
11
17
Sandhang, Akeh Rijekine Jembar Budine
12
18
Rejeki, Akeh Rijekine , Sugih, Dadi Pangaubaning Wong Akeh
  

1.     Anda lahir pada  tanggal 17 Agustus 1982 maka harus dicari neptu dan hari lahirnya . Setelah dicari ketemu : SELASA KLIWON , SELASA : 3 DAN KLIWON 8 = 11  jadi orang yang lahir pada tanggal itu mempunyai watak lair yang artinya akan memiliki kekuatan di seluruh pekerjaannya

2.     Pacar anda misalnya lahir pada tanggal 12 Maret 1985  kemudian dicari neptu dan hari lahirnya ketemu SELASA PON , SELASA = 3 PON = 7 jumlah jadi 10 jadi watak pacar anda jatuh pada Pati yaitu kerusakan yang besar jadi harus banyak hati-hatinya begitu seterusnya


PETUNG SALAKI RABI

Untuk petung salaki rabi inilah perhitungan untuk perjodohan dua anak manusia yang didasarkan atas weton  masing-masing yang dijadikan satu kemudian ketemu berapa . Dan jumlah hasil perhitungan  mengacu pada table di bawah ini yang telah disarikan dari KITAB PRIMBON BETAL JEMUR ADAMMAKNA
  
NO
NEPTU           Pria + Wanita

TIBA
1
17
7
Lebu Katiup Angin
2
18
4
Sumur Sinaba
3
19
5
Satriya Wirang
4
20
6
Bumi Kapethak
5
21
1
Wasesa Segara
6
22
2
Tunggak Semi
7
23
3
Satriya Wibawa
8
24
4
Sumur Sinaba
9
25
5
Satriya Wirang
10
26
6
Bumi Kapethak
11
27
7
Lebu Katiup Angin
12
28
7
Lebu Katiup Angin
13
29
1
Wasesa Segara
14
30
2
Tunggak Semi
15
31
1
Wasesa Segara
16
32
2
Tunggak Semi
17
33
3
Satriya Wibawa
18
34
4
Sumur Sinaba
19
35
5
Satriya Wirang
20
36
6
Bumi Kapethak


Keterangan : 1. Wasesa segara, kamot, jembar budine,sugih pangapura , gedhe prebawane
                        2. Tunggak semi, cepak rijekine
                        3.  Satriya Wibawa , Oleh kamulyan lan Kaluhuran
                        4.  Sumur sinaba , Dadi pangungseng kepinteran
                        5.  Satriya Wirang, Nandhang duka cita, kawirangan,
                        6.  Bumi Kapethak , Petengan aten , nanging taberi ing gawe, kuat nandang
                        7.  Lebu Katiup angina, nandang papa cintraka,kabeh karepe ora dadi ,
                              kerep ngalih omah
 Adapun cara menghitungnya adalah sebagai berikut :
1.    Anda lahir pada tanggal 17 Agustus 2014 wetonnya : SELASA KLIWON = 11
2.    Pacar anda lahir 12 Maret 1985 wetonnya : SELASA PON = 10
 Penghitunggannya :  Anda                         = 11
                                      Pacar Anda              = 10
                                      Jumlah                    =   21

Maka kesimpulannya perjodohan jatuh pada : WASESA SEGARA
     ( Kamot, jembar budhine , sugih pangapura lan gedhe prebawane)
Begitu seterusnya ………………………………………

Disarikan dari : Buku Betal Jemur Addammakna

KONSULTAS : 085290238476 - 081215416776


Untuk Keterangan lebih lanjut Hubungi :
FATKHUL MUIN
PUSAT INFORMASI MASYARAKAT PESISIR
www.for-mass.blogspot.com
Ds. Kedungmutih RT: 02/02Wedung
Demak Jateng 59554
HP: 
081215416776

 pakardans@gmail.com

70 komentar:

  1. KejawenMantap Gan.. Terimakasih sudah share artikel ini...

    BalasHapus
  2. Assalamualaikum ki saya mau pindah rumah hari apa yang baik untuk saya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hari baik untuk memindah atau mendirikan rumah :

      1. Ahad Kliwon, Ahad Pon, Ahad Wage
      2. Senin Legi , Senin Pahing
      3. Selasa Pon
      4. Rabo Kliwon , Rabo Poan , Rabo Wage
      5. Kamis Kliwon, Kamis Legi, Kamis Pahing
      6. Jum’at Pon
      7. Sabtu Legi , Sabtu Pahing

      Hapus
    2. KISAH NYATA…………..
      Ass.Saya IBU DESI HERAWATI.Dari Kota Surabaya Ingin Berbagi Cerita
      dulunya saya pengusaha sukses harta banyak dan kedudukan tinggi tapi semenjak
      saya ditipu oleh teman hampir semua aset saya habis,
      saya sempat putus asa hampir bunuh diri,tapi saya buka
      internet dan menemukan nomor Ki Jaya,saya beranikan diri untuk menghubungi beliau,saya dikasi solusi,
      awalnya saya ragu dan tidak percaya,tapi saya coba ikut ritual dari Ki
      Jaya alhamdulillah sekarang saya dapat modal dan mulai merintis kembali
      usaha saya,
      sekarang saya bisa bayar hutang2 saya di bank Mandiri dan BNI,terimah kasih Ki,mau seperti saya silahkan hub Ki
      Jaya Taat Pribadi di nmr 082347045525 Kiyai Jaya Taat, indahnya berbagi,assalamu alaikum.

      KEMARIN SAYA TEMUKAN TULISAN DIBAWAH INI SYA COBA HUBUNGI TERNYATA BETUL,
      BELIAU SUDAH MEMBUKTIKAN KESAYA !!!

      ((((((((((((DANA GHAIB)))))))))))))))))
      Pesugihan Instant 10 MILYAR
      Mulai bulan ini (juli 2015) Kami dari padepokan mengadakan program
      pesugihan Instant tanpa tumbal, serta tanpa resiko. Program ini kami
      khususkan bagi para pasien yang membutuhan modal usaha yang cukup besar,
      Hutang yang menumpuk (diatas 1 Milyar), Adapun ketentuan mengikuti
      program ini adalah sebagai berikut :
      Mempunyai Hutang banyak
      Ingin membuka usaha dengan Modal besar
      dll
      Syarat :
      Usia Minimal 21 Tahun
      Berani Ritual (apabila tidak berani, maka bisa diwakilkan kami dan tim)
      Belum pernah melakukan perjanjian pesugihan ditempat lain
      Suci lahir dan batin (wanita tidak boleh mengikuti program ini pada saat datang bulan)
      Harus memiliki Kamar Kosong di rumah anda
      Proses :
      Proses ritual selama 2 hari 2 malam di dalam gua
      Harus siap mental lahir dan batin
      Sanggup Puasa 2 hari 2 malam ( ngebleng)
      Pada malam hari tidak boleh tidur
      Biaya ritual Sebesar 10 Juta dengan rincian sebagai berikut :
      Pengganti tumbal Kambing kendit : 5jt
      Ayam cemani : 2jt
      Minyak Songolangit : 2jt
      bunga, candu, kemenyan, nasi tumpeng, kain kafan dll Sebesar : 1jt
      Prosedur Daftar Ritual ini :
      Kirim Foto anda
      Kirim Data sesuai KTP
      Format : Nama, Alamat, Umur, Nama ibu Kandung, Weton (Hari Lahir), PESUGIHAN 10 MILYAR
      Kirim ke nomor ini : 082347045525
      Web: www.pesugihaninstan.jw.lt
      SMS Anda akan Kami balas secepatnya
      Maaf Program ini TERBATAS

      Hapus
    3. Hey manusia, jangan pernah menyesatkan manusia. Sebab pekerjaan menyesatkan adalah pekerjaan syetan.
      Tks

      Hapus
    4. astaqfirullah mas mas tobat mas. harta yg diridhoi itu yg didapat dengan cucuran keringat saat mendapatkannya bukan tiba2 10 milyar dengan duduk-duduk. somplak lu mas

      Hapus
  3. Hari baik untuk memindah atau mendirikan rumah :

    1. Ahad Kliwon, Ahad Pon, Ahad Wage
    2. Senin Legi , Senin Pahing
    3. Selasa Pon
    4. Rabo Kliwon , Rabo Poan , Rabo Wage
    5. Kamis Kliwon, Kamis Legi, Kamis Pahing
    6. Jum’at Pon
    7. Sabtu Legi , Sabtu Pahing

    BalasHapus
    Balasan
    1. bulan yg baik untuk gali tanah buat pondasi bulan apa ya dalam waktu dekat ini....

      terima kasih

      Hapus
  4. Bulan Maret 2015 ini saya ingin menempati rumah baru. Kapan hari terbaik...? Mksh

    BalasHapus
  5. weton saya rabu legi, calon suami sabtu legi. akan menikah bulan besar 2015. yg baik tanggal berapa? trims..

    BalasHapus
  6. weton saya rabu legi, calon suami sabtu legi. akan menikah bulan besar 2015. yg baik tanggal berapa? trims..

    BalasHapus
  7. aba weton laki2 senin wage perempuan kanis wage baik tidak unruk perjodoan kalau kurang baik saratnya apa supaya jadi baik maturnuhun

    BalasHapus
  8. mohon bantuannya serta informasinya, saya lahir tgl 05 agustus 1986, dan calon saya lahir tgl 14 agustus 1991, akan melaksanakan akad nikah bulan november 2015, kira-kira tanggal berapa yg baiknya?.
    terimakasih banyak sebelumnya

    BalasHapus
  9. ANAK SAYA LAHIR 4 MARET 2008 SELASA PAHING, DI BULAN DESEMBER 2015 AKAN DI SUNAT BAGUSNYA DI HARI APA? DAN DI TAHUN 2016 AKAN DI ADAKAN PESTA SUNATNYA BAGUSNYA DI BULAN APA YA?

    BalasHapus
  10. Mohon pencerahannya pak.

    2thn yang lalu saya menikah tanpa perhitungan bulan jawa, hanya hitungan hari, dulu ekonomi saya masih dibilang cukup dan aman, tapi setelah menikah di bulan syawal ternyata bener, hidup saya langsung berubah, keuangan sangat sulit, hutang banyak sekali, sampai sampai saya bosan hidup. saya mengerti hitungan bulan jawa baru baru ini saja.

    intinya
    udah terlanjur nikah di bulan yg kurang baik apakah bisa dirubah ke bulan yg lebih baik??

    saya pernah dengar bisa dengan jalan "bangun nikah" , apakah benar dan manjur ?

    BalasHapus
  11. trimakasih sdh berbagi pengetahuan

    BalasHapus
  12. semoga bisa membawa manfaat

    BalasHapus
  13. saya ada rencana selametan bangun nikah, baiknya kapan ya...

    BalasHapus
  14. Saya mau beli montor hari apa Ki yang baek buat beli monto ?

    BalasHapus
  15. Ki saya mau tanya hari lahir untuk anak saya dibulan agustus atau september hari apa yg baik...soalnya istri saya sudah mendekati tanggalnya..tolong balas secepaynya

    BalasHapus
  16. Ki saya mau tanya hari lahir untuk anak saya dibulan agustus atau september hari apa yg baik...soalnya istri saya sudah mendekati tanggalnya..tolong balas secepaynya

    BalasHapus
  17. Mau tanya kalo acara ngunduh mantu pas tgl 2 oktober ini kn itu suro blh ndak . Tlong bls ya kak

    BalasHapus
  18. Mau tanya kk .. Sya lahir tgl 3 januari 1990 dan calon suami saya 1 november 1989 akan menikah insya allah tgl 5 feb 2017 .. Termasuk bln baikkah ? Trima ksh

    BalasHapus
  19. Ki saya mau tanya, saya lahir hari sabtu wage tgl 28 juni 1997 sdngkan cwo saya lahirnya selasa wage tgl 8 agustus 1995.
    Kalo misalkn nanti saya ada jodoh sma dia, kira kira tanggal brpa yg baik untuk akad nikah nya??
    Mohon di jawab ya ki

    BalasHapus
  20. ki saya mau tanya,hari yg baik untuk membangun rumah,menurut weton? saya lahir selasa pahing, dan ingin segera membangun rumah.tp blm menentukan harinya.mohon penjelasanya?

    BalasHapus
  21. Pak kamu mau menikah. Lelaki kamis wage. Perempuan selasa pon. Rencana menikah maret 2017. Hari baik untuk pernikahan ?

    BalasHapus
  22. Pak kamu mau menikah. Lelaki kamis wage. Perempuan selasa pon. Rencana menikah maret 2017. Hari baik untuk pernikahan ?

    BalasHapus
  23. Cowok : Kamis Wage
    Cewek: Minggu Pahing

    Klo menikah tahun ini, yang bagus dibulan apa? dan hari apa?
    Mohon masukannya. Terima kasih..

    BalasHapus
  24. Oblong nih, ada pesugihan segala.. Minta nya sama siapa tuh ? Rasul gak pernah nyaranin pesugihan. Jangan bikin sesat orang lu.

    BalasHapus
  25. mau cari hari baik utk mendirikan rumwh di bulan ini... saya lahir hari rabu wage sedangkan suami jumat wage...

    BalasHapus
  26. mohon bantuannya serta informasinya, saya lahir tgl 24 agustus 1992, dan calon saya lahir tgl 24 september 1991, akan melaksanakan akad nikah bulan september 2017, kira-kira tanggal berapa yg baiknya?.
    terimakasih banyak sebelumnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hi, saya bukan pemilik website ini, hanya sedang tertarik saja dengan hitung2an weton Jawa.
      31 Agustus dan 1 September adalah tanggal terbaik untuk anda menikah di tahun ini.

      Sebelum saya jabarkan hitungan tanggal eprnikahannya, saya ingin menjabarkan lebih dahulu hitungan weton kelahiran anda dan pasangan anda.
      Tanggal lahir anda 24 September 1992, weton kelahiran Senin Kliwon (12)
      Tanggal lahir pasangan anda 24 September 1991, weton kelahiran Selasa Kliwon (11)
      Jumlah weton kelahirannda dan pasangan: 23 berdasarkan Petung Salaki Rabi, Neptu 23 ini adalah Satria Wibawa dengan keteranggannya: oleh kamulyaan ian kaluhuran.

      Hapus
    2. Namun, ada juga perhtungan lain yang membagi masing-masing weton lahir dengan angka 9 dan mengambil sisanya sebagai patokan.
      Jika melihat angka anda dan pasangan, angka 11 jika dibagi sembilan menyisakan angka 2, dan angka 12 jika dibagikan dengan 9 menyisakan angka 3.
      Maka kita harus melihat table pembagian 9 (di link yang saya berikan berikut) untuk melihat hasil kombinasi neptu anda dan pasangan.
      Saya kutip dari website di bawah: jika sisa 2 dan 3 maka salah satu akan meninggal.
      http://cahyanarsari.blogspot.com.au/2015/03/hitungan-hari-baik-pernikahan-secara.html

      Hapus
    3. Untuk tanggal pernikahan, jika anda ingin menikah di bulan Besar maka bulan Besar pada tahun 2017 dimulai Kamis, 24 Agustus 2017 sampai dengan Kamis, 21 September 2017. Sesuai dengan tabel di atas, jika ingin menikah di bulan besar, maka kita harus mengeleminasi hari Senin, Selasa, Sabtu dan Minggu yang jatuh pada tanggal 26, 27, 28, 29 Agustus dan 2, 3, 4, 5, 9, 10, 11, 12, 16, 17, 18 dan 19 Agustus. Kita juga harus mengeliminasi tanggal 6, 10, 12, 20, dan 25 sesuai kalender Jawa pada bulan Besar. Kelima tanggal itu, jika disesuaikan dengan kalender Masehi maka jatuh pada tanggal 29 Agustus, 2, 4, 12, dan 17 September 2017. Maka, tanggal-tanggal yang saya sebutkan di atas harus dieleminasi.

      Maka kita tersisa 30, 31 Agustus, 1, 6, 7, 8, 13, 14, 15, 20 dan 21 September sebagai tanggal yang direkomendasikan untuk menikah. Untuk melihat tanggal terbaik, maka mari kita lihat hitungan jumlah weton tanggal lahir:
      1 = sandang = bagus
      2= pangan = bagus
      3 = papan (joyo) = bagus dan disarankan
      4 = loro = sering sakit
      5 = ada yang meninggal

      Hapus
    4. Jika melihat jumlah weton kelahirannya, maka saya sarankan untuk menikah pada Kamis tanggal 31 Agustus atau Jumat,, 1 September 2017 sebagai tanggal terbaik untuk kalian berdua di tahun 2017.

      Hitungannya adalah sebagai berikut:
      Weton anda: 12
      Weton pasangan: 11
      Weton pernikahan (jika menikah pada tanggal 31 Agustus adalah Kamis Pon, wetonnya 15
      12+ 11+15 = 38
      Angka 38 ini harus dibagi 5, dan angka sisanya yang menjadi patokan untuk melihat jumlah weton kelahiran. Jika 38:5, yg 35 habis dibagi 5, sisanya 38-35 = 3.
      Maka 3 = papan (joyo) bagus dan disarankan.

      Kemudian untuk tanggal 1 September jatuh pada Jumat wage, wetonnya 10.
      12 + 11 + 10 = 33
      Angka 33 dibagi 5, yang 30 habis dibagi 5, dan sisanya 3.

      Jika perhitungan ini, angkanya habis dibagi 5 maka itu sama saja dengan hasil yang ke 5 = ada yang meninggal.

      Misalnya, anda ingin menikah tanggal 10 Septemebr yang jatuh pada Minggu Pon. Minggu Pon, wetonnya adalah 12.
      12 + 11 + 12 = 25
      Angka 25 ini habis dibagi 5, maka diartikan seperti angka yang ke-5 dalam perhitungan jumlah weton tanggal lahir dan tanggal pernikahan, angka 5 yang berarti ada yang meningal.

      Hapus
    5. Kesimpulan, jika melihat dari hitung-hitungannya, maka tanggal terbaik Anda berdua untuk menikah di tahun 2017 ini adalah Kamis, 31 Agustus atau Jumat, 1 September.

      Jangan menikah sesudah tanggal 21 Agustus, karna tanggal 22 Agsutus sudah memasuki bulan Suro.
      Catatan: saya bukan ahli dalam perhitungan weton. Silakan anda mengkonsultasikan kembali pada orang yang anda kenal baik mengerti denganw eton jawa. Perhitungan saya ini hanya didasarkan pada informasi di website ini dan beberapa website lainnya (saya cantumkan di bawah ini)

      Terima kasih.

      http://www.primbonewongjowo.com/2014/05/cara-mencari-hari-baik-untuk-keperluan_1873.html
      http://cahyanarsari.blogspot.com.au/2015/03/hitungan-hari-baik-pernikahan-secara.html
      http://ki-demang.com/almanak/?do=kalender&tg=24&bl=9&th=2017

      Hapus
  27. Ini rencana pernikahan ke dua saya. InsyaAllah kami akan nikah pada tanggal 8 juli 2017 pada sabtu wage. Tanggal lahir saya 1 januari 1984. Minggu pahing. Sementara calon suami 15 april 1984. Kbtulan wetonnya sama. Apa bagus hr yg kami tetapkan tsb. Mengingat saya hanya dpt cuti 2 minggu. Mohon pencerahannya. Trimakasih sblmnya

    BalasHapus
  28. Tgl 28juli 2017 baik gak ya buat beli motor mohon sharenya

    BalasHapus
  29. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  30. anak sya lahir hari sabtu 16april 2016....kmaren tgl 1 juli 2017 sdah d sunat, saya mau ngadain syukuran sunatan anak saya...kira2 bgus nya hari dan tangal brpa yah

    BalasHapus
  31. maap mksd nya lahir tahun 2011😊

    BalasHapus
  32. Assalamu'allaikum, mohon untuk bantuan nya, saya lahir tgl.20 januari 1993 dan calon suami sya lebih muda lahir 29 desember 1995, rencana mau melangsungkan pernikahan bln oktober 20177 tanggal blm dapat, kira² tanggal baik nya tanggal berapa ya pak/bu.,???
    Kami sich cari nya hari minggu, ada kah hari minggu yg baik untuk melangsungkan akad.??? Kalau tidak ada di bln oktober, kira² bln berapa yg baik dan ketepatan hari minggu.??
    Trims
    Wassalam.

    BalasHapus
  33. Ass, mohon bantuannya bapak/ibu saya lahir jumat 12 april 1996 sedangkan calon saya lahir jumat 22 juli 1994 kami akan melangsungkan pernikahan tgl 9 september 2017, apakah itu hari atau waktu baik? Terima kasih

    BalasHapus
  34. Ass mohon pencerahan sy lahir pada hari minggu wage sementara suami sy rabu pahing

    BalasHapus
  35. Assalamualaikum. Saya mau menikah bulan besar ini.. Saya dan pasangan sm"nepton rabu pahing... Dibulan besar ini yg bgus tgl &hari apa ya? Trim ksih atas jwbnya

    BalasHapus
  36. Assalamualaikum. Saya mau menikah bulan besar ini.. Saya dan pasangan sm"nepton rabu pahing... Dibulan besar ini yg bgus tgl &hari apa ya? Trim ksih atas jwbnya

    BalasHapus
  37. Ass...wr wb... saya lahir ny hari selasa pon dan calon suami sabtu kliwon
    Saya mau nikah bulan september/ besar ini ka... kira kira hari dan tanggal yg bagus buat akad ny tgl brp yah...? Mhon pencerahanya ya... trimakasih��

    BalasHapus
  38. Ass...wr wb... saya lahir ny hari selasa pon dan calon suami sabtu kliwon
    Saya mau nikah bulan september/ besar ini ka... kira kira hari dan tanggal yg bagus buat akad ny tgl brp yah...? Mhon pencerahanya ya... trimakasih��

    BalasHapus
  39. Mau tanya hari pernikahan yang bagus dong..
    Saya sabtu pon calon saya sabtu pahing...
    Jika saya menikah tanggal 3 atau 4 maret bagus gak yah ?
    Mohon infonya

    BalasHapus
  40. Hari baik untuk membangun rumah bulan ini kira2 hari apa ya?

    BalasHapus
  41. kalo saya mau menikah dihari rabu,14.12.2017 gimna bagus ga

    BalasHapus
  42. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  43. Saya bisa hitung nya tapi saya belum bisa ngerti maksud bahasa nya.

    BalasHapus
  44. untuk weton selasa wage dengan minggu legi hari yang baik untuk nikah hari apa??

    BalasHapus
  45. bagaimana cara ngitung hari baik untuk khitanan ya ?
    mohon pencerahannya mas.

    BalasHapus
  46. Saya ingin punya gawe di bulan januari tahun 2019 hari Ahad legi sasi bakda mulus apa itu baik Ki..... tolong di jawab.....?

    BalasHapus
    Balasan
    1. gawe menikah? bisa dipake, tapi ada hari lain yang lebih baik.

      Hapus
  47. Gimna klau pasangan bukan orang jawa termasuk di hitung g ki

    BalasHapus
  48. Bisa apa tidak memindah tempat/rumah di bulan Apit.

    BalasHapus
  49. Bisa apa tidak memindah tempat/rumah di bulan Apit.

    BalasHapus
  50. hari apa yg terbaik unuk khitan anak sy,di bulan agustus 2018,maturnuwun

    BalasHapus
  51. saya akan menikah ditahun 2019, tapi masih bingung bulan dan tanggal berapa, untuk orang tua mengingkinkan setelah lebaran(hari raya idul fitri) mohon bantuan nya, kira kira bulan dan tanggal berapa yang baik untuk saya .
    terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. klo setelah lebaran, bulan baik yang paling dekat ialah bulan besar(dzulhijjah). untuk tanggalnya harus tahu dulu weton pasangan ayang akan menikah.

      Hapus
  52. Hari baik tangal berapa buat hajatan sunatan di bulan pebruari 2020

    BalasHapus
  53. Hari baik tangal berapa buat hajatan sunatan di bulan pebruari 2020

    BalasHapus
  54. Assallamuallaikum..saya mau tunangan di tahun ini..bulan apa ya yang bagus buat pertumangan saya?

    BalasHapus